adhysemkapat

Hidup adalah perjuangan tiada hidup tanpa perjuangan

Sabtu, 23 April 2011

Takalar MAJU

Kabupaten Takalar

Kabupaten Talakar merupakan daerah yang memiliki potensi pariwisata yang didukung dengan keadaan alam, kehidupan masyarakat, kondisi sosial budaya dan dunia usaha. Potensi dan obyek kepariwisataan di Kabupaten Takalar yang dapat dikembangkan digolongkan ke dalam wisata alam, budaya, sejarah, agro wisata dan wisata bahari. Galesong terkenat dengan potensi perikanan, laut penghasil telur ikan terbang dan telah menjadi komoditas ekspor.
Dianugerahi bentangan panorama alam nan indah selain daratan rendah dan tinggi, juga dianugerahi hamparan wilayah laut yang terbentang luas. Pemda Takalar tampaknya tak menyia-nyiakan berkah alam itu dengan mengembangkan wisata pantai Lamangkai termasuk kegiatan agrowisata mangga berjenis Klom di atas areal seluas 2.000 Ha.
Kekayaan wilayah pantai itulah yang kini menjadi prioritas utama pengembangan pariwisata. Sebagai langkah awal telah dibidik pengembangan Pulau Sanrobengi, pulau kecil berpasir putih ini memiliki berbagai keunikan sekaligus keunggulan, sebut misalnya penduduknya vang hanya dihuni sekitar 10 KK semenrara jaraknya relatif dekat dengan pantai Losari Makassar.
Untuk memudahkan transportasi ke pulau Sanrobengi, pihak Pemda sudah meningkatkan fungsi dermaga di Daerah Bodclia, di samping TPI (Tempat Pendaratan Ikan) dan pendaratan kapal barang asal Kalimantan. Dermaga itu juga sudah bisa dioperasikan sebagai pelabuhan Marine.
Obyek pantai lainnya adalah Pantai Topejawa yang terletak di Desa Topejawa sekitar 14 km dari kota Takalar atau 54 km dari Makassar. Pantai ini terkenal dengan keindahan hamparan lautnya dan telah dilengkapi dengan berbagai fasiltas untuk berlibur.
Pulau Tanakeke merupakan obyek wisata bahari lainnya yang dimiliki Kabupaten ini dengan keindahan terumbu karang dan dikenal dengan adanya kuda laut serta burung laut yang hidup di areal hutan bakau. Selain itu terdapat pula padang lamun yang tumbuh di pasir putih dan terumbu karang.
Obyek wisata perburuan rusa terletak di Desa Barugaya dan Ko'mara. Jarak tempuh ke lokasi ini sekitar 23 km dari kota Takalar dan dapat ditempuh melalui perjalanan darat sekitar 50 menit. Kegiatan perburuan rusa adalah suatu kegiatan yang sering dilakukan oleh Karaeng (bangsawan) di kedua desa ini. Selain berburu rusa, panorama alam pegunungan, air terjun, danau dan hutan melengkapi keindahan obyek wisata di daerah ini. Bahkan kegiatan olahraga seperti panjat tebing dan sebagainya juga dapat dilakukan di obyek wisata ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar